Oleh: Agus Sudibyo | Februari 21, 2008

Indonesia Bisa Dikesankan Negara Tiran

 

Kompas (11/01/2008)

Pembahasan Rancangan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik yang sudah hampir memasuki tahap akhir masih memasukkan sanksi bagi pengguna informasi publik. Rumusan ini bisa mengesankan Indonesia sebagai negara paling tiran.

“Dari 70 negara yang memiliki UU KIP, tidak ada satu pun yang menerapkan sanksi pada pengguna informasi,” ujar Tanti Budi Suryani dari Yayasan Tifa, Selasa (8/1), menanggapi perkembangan pembahasan RUU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) antara DPR dan pemerintah. Dari 70 negara yang memiliki UU KIP, tidak ada satu pun yang menerapkan sanksi pada pengguna informasi.

Koordinator Koalisi KIP Agus Sudibyo juga memberitahukan, badan internasional Article 19 telah mengirim surat kepada pimpinan DPR memberitahukan bahwa naskah RUU KIP tak memenuhi standar internasional.

Agus Sudibyo mencontohkan, Pasal 49 RUU KIP menyebutkan, “Setiap orang yang dengan sengaja menyalahgunakan informasi publik dan/atau melakukan penyimpangan pemanfaatan informasi dipidana dengan penjara paling lama 2 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 30 juta.

“Pasal ini pasal karet bisa menjerat pengguna informasi seperti jurnalis, peneliti, akademisi,” papar Agus.

Anggota Komisi I Hajriyanto Y Thohari dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan, pasal itu merupakan kompromi karena pemerintah tak menghendaki sanksi hanya diberikan kepada pejabat publik. Namun, dalam penjelasan, DPR akan berupaya lebih mempertegas agar tidak menjadi pasal “karet”.

Andreas Pareira dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sependapat perlunya penjelasan lebih detail agar tidak ada kriminalisasi yang membabi buta.

Namun, Ketua Tim Interdep RUU KIP Ahmad M Ramli menguatkan apa yang disampaikan Hajriyanto. Menurutnya, pasal sanksi itu merupakan keseimbangan karena adanya proses penuntutan bagi badan publik sebagai penyedia informasi.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: