Oleh: Agus Sudibyo | Maret 10, 2008

Akhiri Pembatasan Pers di Aceh

Kompas, 31 Oktober 2003

Jakarta, Kompas – Pengamat dan praktisi media, Rabu (29/10), mengkritik kebijakan penguasa darurat militer yang masih ketat membatasi ruang gerak wartawan di Nanggroe Aceh Darussalam. Bila kebijakan itu dilanjutkan, masyarakat dan pengambil keputusan tidak tahu apa yang sesungguhnya terjadi sehingga kesalahan masa lalu pada era daerah operasi militer (DOM) bisa terulang.

Kritik itu disampaikan dalam diskusi pemberitaan konflik Aceh yang digelar Institut Studi Arus Informasi (ISAI) di Jakarta, Rabu. Hadir sebagai pembicara pengamat media Atmakusumah Asraatmadja dan Agus Sudibyo serta Direktur Utama Trans TV Dr Ishadi SK.

Menurut Ishadi, situasi di Aceh sekarang tak menantang bagi wartawan dibandingkan sebelum darurat militer. Pers kini terjepit di tengah-tengah, tidak disukai TNI maupun Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Ishadi mendesak agar pemerintah dan aparat keamanan membuka kembali akses media dalam peliputan Aceh. Keterbukaan itu, kata Ishadi, justru akan menyelamatkan semua pihak, baik rakyat Aceh maupun TNI/Polri. Dibukanya akses untuk peliputan di Aceh akan mencegah pelanggaran HAM yang pernah terjadi selama Orde Baru.

Hal senada dikatakan Atmakusumah. Pemberitaan secara transparan juga membantu pemerintah tetap pada sasaran operasi. Atmakusumah mempertanyakan apakah pemerintah masih konsisten pada tujuan menyelamatkan Aceh dengan menekan korban jiwa. “Pers bisa membantu pemerintah maupun militer tidak digugat lagi seperti pernah terjadi di masa Orde Baru,” katanya.

Ishadi dan Hersubeno dari Metro TV mengakui, selain kesulitan wartawan dalam peliputan di Aceh, menurunnya pemberitaan juga disebabkan besarnya biaya liputan.(wis))


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: