Oleh: Agus Sudibyo | Maret 10, 2008

Dibentuk, Pansus RUU Kebebasan Informasi

Kompas, 17 Februari 2003

Jakarta, Kompas – Rapat pimpinan (rapim) Dewan Perwakilan Rakyat hari Jumat (14/2) akhirnya memutuskan untuk menjadwalkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) RUU Memperoleh Kebebasan Informasi pada Rapat Paripurna DPR 18 Februari 2003. RUU itu merupakan RUU usul DPR yang telah dua kali ditunda pembentukan pansusnya.

Keputusan itu dicapai dalam rapim yang dipimpin Wakil Ketua DPR Tosari Widjaja (Fraksi Partai Persatuan Pembangunan) dengan pimpinan fraksi. Rapim itu diadakan untuk menggantikan rapat badan musyawarah sehari sebelumnya yang gagal diadakan karena tidak kuorum.

Koordinator Tim Lobi Koalisi untuk Kebebasan Informasi-lembaga swadaya masyarakat yang gencar melakukan kampanye kebebasan informasi-Agus Sudibyo secara terpisah mengharapkan DPR tidak lagi menunda pembentukan pansus ini karena sudah dua kali tertunda tanpa sebab yang jelas. Ia juga mengharapkan agar fraksi-fraksi DPR menempatkan orang-orang yang mengerti aspirasi sipil dalam pansus tersebut.

“Fraksi TNI/Polri tidak ada masalah karena memang harus ada wakilnya di pansus. Tetapi diharapkan orang-orangnya adalah yang mengerti aspirasi sipil, yaitu yang mengerti tuntutan reformasi untuk meningkatkan demokratisasi di Indonesia. Unsur-unsur sipil di masyarakat juga perlu berkonsolidasi untuk memberi perhatian pada pembahasan RUU yang penting ini,” kata Agus.

Agus mengharapkan agar draf yang dipakai adalah draf usul DPR, karena lebih reformis dibandingkan dengan draf pemerintah. (BUR)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: