Oleh: Agus Sudibyo | Maret 10, 2008

Pembatasan Siaran Televisi Ancam Kebebasan Informasi

18-07-2005, 23:10

Jakarta – Keputusan Menkominfo yang secara sepihak membatasi jam siaran televisi dan radio dianggap dapat mengancam iklim kebebasan informasi, kebebasan berekspresi dan iklim profesionalisme media.

“Peraturan Menkominfo mencerminkan betapa pemerintah tidak mempunyai komitmen untuk menaati UU Penyiaran yang memutuskan bahwa fungsi regulator dan pengawasan dunia penyiaran kepada Komis Penyiaran Indonesia,” demikian salah satu bunyi deklarasi Jakarta untuk kebebasan berekspresi dan kebebasan informasi yang dibacakan di Hotel Santika, Jakarta, Rabu (13/7/2005).

Dalam deklarasi itu tampak hadir sejumlah wartawan, penulis, dosen, seniman dan aktivis organisasi nonpemerintah. Nama-nama yang cukup dikenal hadir dalam deklarasi itu seperti Agus Sudibyo (ISAI), Garin Nugroho (SET), Leo Batubara (Dewan Pers), Santoso (Dewan Pers) dan juga Bimo Nugroho (Komisi Penyiaran Indonesia).

Deklarasi itu mengutuk segala bentuk tindakan kekerasan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi/intansi terhadap institusi media, wartawan, seniman dan bentuk ekspresi masyarakat baik yang bersifat fisik dan nonfisik.

“Kami juga menuntut pemberlakukan UU Pers No 40/1999 secara konsisten di kalangan penegak hukum sebagai lex specialis derogat lex generalis,” tulis deklarasi itu.

Dalam deklarasi itu diserukan agar semua komponen masyarakat membangun solidaritas dan merapatkan barisan melawan semua bentuk pengekangan, teror dan aksi kekerasan yang dimaksudkan untuk menghambat dan membatasi kebebasan berekspresi, kebebasan memperoleh informasi dan kebebasan pers.

Selain itu diserukan pula penolakan terhadap pasal-pasal rancangan kitab UU hukum pidana (RUU KUHP) yang bukan hanya menyiratkan semangat antidemokrasi sisa kolonialisme, mengancam kebebasan berekspresi, kebebasan memperoleh informasi dan kebebasan pers tapi juga menghina akal sehat dan daya kreativitas. (san)

http://jkt.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/07/tgl/13/time/204334/idnews/402365/idkanal/10


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: