Oleh: Agus Sudibyo | Maret 10, 2008

Pemerintah Harus Mampu Mengatur Kehidupan Media

Jakarta, 29 Desember 2005

Audatorium Utama, UIN Online — Suatu media haruslah berfungsi menyebarkan informasi, memberikan peringatan dan mengevaluasi kinerja pemerintah. Dalam arti, sebuah media massa adalah alat publik untuk mengawasi proses penyelenggaraan kekuasaan.

Diungkapakan anggota ISAI, Agus Sudibyo, dalam Seminar Nasional dengan tema “Regulasi Media Penyiaran Memetakan Pola Relasi Negara” yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (BEMJ KPI), di Auditorium Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (29/12).

Menurut Agus, pemerintah harus memberikan sanksi tegas terhadap media massa yang menyalahi aturan. Selain Agus, seminar ini turut dihadiri Direktur Utama Trans TV, Ishadi.S.K, anggota Komisi I DPR RI, Djoko Soesilo, anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Ade Armando, Direktur Penyiaran Departemen Komunikasi dan Informatika, Agnes Widiyanti

Sementara Ishadi mengatakan, reformasi media di era demokrasi telah membuka zaman baru yang menghasilkan televisi baru dengan tujuan memacu kreativitas industri pertelevisian Indonesia. “Sebuah media haruslah memilki fungsi dengan tujuan kepentingan publik yang menuntut perlindungan mendapatkan informasi seluas-luasnya,”, tambah Ishadi.

Selain itu, dijelaskan Djoko, bahwa selain media, peran masyarakat dan KPI juga difungsikan sebagai alat pengontrol kebijakan pemerintah. Media dapat difungsikan sebagai pilar demokrasi dalam arti mengontrol kebijakan legislatif dan yudikatif terhadap UU Penyiaran. “KPI haruslah dapat mengkritik peraturan pemerintah yang dinilai tidak tegas dalam mengahadapi industri pertelevisian Indonesia yang dianggap menyimpang dari aturan-aturan yang ditetapkan pemerintah,” kata Djoko, yang juga mantan wartawan Jawa Pos.

Setelah seminar, pada hari yang sama, BEMJ KPI juga menyelenggarakan pemutaran film dan menggelar temu mahasiswa komunikasi se-Jabodetabek dan Banten. * IFA/DES

http://www.uinjkt.info


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: