Oleh: Agus Sudibyo | Maret 10, 2008

Presiden Harus Cabut Empat PP Penyiaran

Kompas, 30 Jan 2006

Jakarta, Kompas – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diminta tidak membiarkan potensi pembelengguan kebebasan pers terus terjadi. Salah satunya adalah dengan mencabut empat peraturan pemerintah (PP) tentang penyiaran yang mendudukkan Departemen Komunikasi dan Informatika sebagai regulator media penyiaran ketika mestinya lembaga itu berkonsentrasi pada tugasnya sebagai information apparatus.

Demikian pernyataan sikap Aliansi Pembela Pasal 28 (APP 28) di ruang pers Gedung MPR/DPR, Jumat (27/1) siang. Aliansi ini dibentuk oleh organisasi masyarakat sipil yang berkepentingan menjaga iklim kebebasan pers, informasi, dan kebebasan berbicara yang dijamin dalam Pasal 28 UUD 1945. Hadir mewakili APP 28 adalah Abdullah Alamudi, Heru Hendratmoko, Misbachudin Gamma, dan Agus Sudibyo. ”Kami punya pengalaman panjang betapa rusaknya jika fungsi regulator diserahkan ke pemerintah,” kata Misbachudin.

DPR juga didesak untuk meminta pemerintah mencabut empat PP penyiaran. DPR juga mesti mengontrol pemerintah yang memaksakan agar keempat PP itu segera diberlakukan. Negara demokrasi tak pernah memberi otoritas kepada pemerintah guna mengurusi media penyiaran yang merupakan urusan publik. Kebijakan pemerintah selama ini justru berpotensi membelenggu kebebasan pers dan membuka peluang pemerintah mengintervensi kehidupan media.

Menurut Agus Sudibyo, media massa berperan sangat kuat untuk mendongkrak popularitas Yudhoyono sehingga akhirnya bisa terpilih sebagai presiden dalam Pemilu 2004. Sangat ironis jika kemudian langkahnya malah memasung kebebasan pers. (dik)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: