Oleh: Agus Sudibyo | Maret 10, 2008

Satgas Partai Akan Hasilkan Kekerasan dalam Pemilu

Kompas – Jum’at, 11 April 2003

Jakarta, Kompas – Pola kekerasan dalam Pemilu 2004 diperkirakan berbeda dengan kekerasan pada pemilu-pemilu sebelumnya. Dalam Pemilu 1994 diperkirakan kekerasan akibat konflik yang bersifat emosional pada arus bawah partai akan jauh berkurang. Akan tetapi, kekerasan akan lebih disebabkan mobilisasi yang dilakukan elite partai.

“Itu tecermin dari penolakan pembubaran milisi partai ataupun penyerangan-penyerangan yang dilakukan Banteng Muda terhadap aksi-aksi mahasiswa,” kata Direktur Eksekutif Indonesian Human Right Watch (Imparsial) Munir dalam diskusi prediksi Pemilu 2004, Kamis (10/4). Berbicara dalam kesempatan itu peneliti Institut Studi Arus Informasi Stanley, Agus Sudibyo, dan Eriyanto, Ketua Dewan Eksekutif Nasional Partai Uni Demokrasi Islam Sri Bintang Pamungkas, dan wartawan Kompas Maria Hartiningsih.

Munir mengemukakan, pada masa Orde Baru jumlah pemilih merupakan hal yang begitu penting untuk legitimasi pemilu. Kekerasan yang muncul selama pemilu lebih merupakan akibat tindakan aparat negara memobilisasi massa maupun resistensi masyarakat terhadap Golkar.

Pada Pemilu 1999, soal jumlah orang yang datang memilih bukan merupakan hal yang penting lagi karena kekerasan akibat mobilisasi oleh aparat negara tidak ditemukan, kecuali di Aceh dan Papua.

Di kedua daerah itu, kehadiran pemilih menjadi penting karena dikaitkan dengan dukungan masyarakat pada negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Stanley memperkirakan, menjelang Pemilu 2004 akan muncul kembali berbagai penerbitan pers yang dibentuk untuk menyuarakan partai seperti yang terjadi pada Pemilu 1999. (wis)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: