Oleh: Agus Sudibyo | Maret 11, 2008

Kebebasan Pers Belum Beri Manfaat bagi Masyarakat Luas

 

Sabtu, 21 Juni 2003

Jakarta, Kompas – Setelah hampir lima tahun menghirup udara kebebasan, pers di Indonesia masih banyak yang menyajikan informasi gombal dan berselera rendah. Oleh karena itu, kebebasan pers yang ada saat ini, belum memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas.

Demikian terungkap dalam seminar nasional “Evaluasi Lima Tahun Kebebasan Pers Indonesia”, Jumat (20/6), di Universitas Indonesia, Depok. Hadir sebagai pembicara, Agus Sudibyo dari Institut Studi Arus Informasi (ISAI), Dja’far H Assegaff dari Media Indonesia, dan Ibnu Hamad, staf pengajar Pascasarjana Ilmu Komunikasi Fisip UI.

Menteri Negara Komunikasi dan Informasi Syamsul Muarif berhalangan datang, namun makalahnya dibacakan Asisten Deputi Urusan Akreditasi dan Standarisasi Kantor Menteri Negara Komunikasi dan Informasi Udi Rusadi. Syamsul menilai, booming penerbitan pers ternyata tidak diikuti peningkatan kualitas jurnalisme. Penerbitan pers yang baru tidak semuanya mengusung idealisme. Kehadiran mereka sebagian lebih didorong motivasi mencari keuntungan materi. Hal itu memunculkan gejala penyimpangan seperti munculnya media gosip, desas-desus, bombastis, suka menyudutkan pihak tertentu, dan menampilkan informasi seks secara vulgar serta erotis.

Dari sisi kedalaman mengungkap fakta, Agus Sudibyo berpendapat, pers baru bisa menelanjangi kekuasaan, namun belum mampu mengurai fakta di balik sebuah skandal. Dia juga melihat pers masih cenderung parsial. Perspektif dominan tentang pers bebas cenderung menempatkan pemerintah sebagai musuh nomor satu. Sebaliknya, pers tidak sensitif untuk membuka sisi buruk lawan politik pemerintah. Di luar itu, perhatian media masih diskriminatif. Kelompok yang memiliki status sosial politik rendah, mempunyai peluang kecil untuk memperoleh akses media dibanding kelompok yang status sosial politiknya tinggi. (bsw)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: