Oleh: Agus Sudibyo | Maret 11, 2008

RUU KIP Rawan Kriminalisasi Publik

 

 

Selasa, 8 Januari 2008 – 22:04 wib

JAKARTA Rancangan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik RUU KIP dinilai masih bertolak belakang dengan prinsip hak publik atas informasi.

Hal itu terlihat dari salah satu pasal yang bisa rawan digunakan untuk mengkriminalisasi publik atau pengguna informasi, dalam RUU, yang dulu bernama Kebebasan Memperoleh Informasi Publik (KMIP) itu.

Hal itu terkandung dalam pasal 49 RUU KIP. “Menurut pasal tersebut, publik yang dianggap telah menyalahgunakan informasi dan penyimpangan pemanfaatan informasi akan dikenakan denda Rp 30 juta, serta sangsi pidana selama dua tahun,” kata Anggota Koalisi Masyarakat Sipil untuk Kebebasan Memperoleh Informasi Publik Agus Sunaryanto, saat membacakan pernyataan sikap dalam jumpa pers, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/1/2008).

Pasal 54 ayat 1 dan 2 di RUU tersebut juga akan mengenakan denda Rp 75 juta serta sanksi pidana penjara selama lima tahun, bagi pelanggaran terhadap informasi yang dikecualikan. Selain kriminalisasi publik, dalam RUU tersebut juga masih ada ketentuan yang mewajibkan peminta informasi untuk menggunakan alasan.

“Secara logis, suatu informasi ketika telah dinyatakan sebagai informasi publik maka secara otomatis informasi tersebut sudah menjadi milik publik. Sehingga tidak lagi relevan jika publik harus menyampaikan alasan untuk permintaan informasi,” papar Agus.

Koordinator Lobi Koalisi Masyarakat Sipil untuk Kebebasan Memperoleh Informasi Agus Sudibyo mengatakan pasal 49 tersebut dilematis karena tidak dijelaskan secara rinci penyalahgunaan informasi itu seperti apa. Misalnya apakah penyalahgunaan itu digunakan untuk menipu atau memeras, atau bagaimana.

“Kalau pasal ini dipertahankan, harus dijelaskan detail. Jika tidak, ini bisa jadi pasal karet,” jelasnya.

Maka, menurut Agus, ada dua kemungkinan, mengenai pasal tersebut. Menghapuskannya, atau mengaturnya secara detail.

(Dian Widiyanarko/Sindo/fit)

http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/01/08/1/73866


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: