Oleh: Agus Sudibyo | Maret 13, 2008

Penyederhanaan Parpol Dapat Kurangi Korupsi

Kompas, Kamis, 13 Maret 2008 | 00:27 WIB

Jakarta, Kompas – Selain lebih mengefektifkan pemerintahan, penyederhanaan partai politik juga dapat mengurangi korupsi. Salah satu sebab korupsi di Indonesia adalah banyaknya parpol yang tidak memiliki sumber keuangan yang jelas, sedangkan jumlah dan peran mereka amat besar.

Demikian disampaikan Zainal Arifin Mochtar dari Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dalam diskusi menyikapi hasil jajak pendapat lembaga Konsultan Ekonomi dan Politik (PERC), Rabu (12/3) di Jakarta. Pembicara lain adalah Anung Karyadi dari Transparency International Indonesia (TII), Agus Sudibyo dari Yayasan Sains, Estetika, dan Teknologi (SET), serta Emerson Yuntho dan Danang Widoyoko dari Indonesia Corruption Watch (ICW).

Dalam riset terakhir terhadap 13 negara di Asia, PERC menyatakan indeks korupsi Indonesia sama dengan China, yaitu 7,98 atau lebih baik dibandingkan Filipina (9) dan Thailand (8). Secara umum, ada perbaikan dalam indeks korupsi di Indonesia. Namun, perbaikan itu belum signifikan. ”Indeks korupsi kita masih besar, karena pemerintah tak pernah serius untuk memberantas korupsi. Ini antara lain disebabkan banyak dan kuatnya peran parpol,” tutur Zainal.

Banyak dan kuatnya peran parpol, menurut Zainal, memancing mereka untuk membajak demokrasi, peraturan, dan lembaga negara oleh parpol. Sebab untuk ikut pemilihan kepala daerah atau pemilu, menjadi anggota lembaga negara selain DPD, dan membuat undang-undang, harus melalui parpol.

Besarnya peran parpol ini juga membuat maraknya korupsi di lingkungan mereka. Apalagi parpol umumnya tak memiliki sumber keuangan yang jelas untuk menjalankan organisasinya.

Menurut Anung Karyadi, besarnya korupsi di parpol antara lain terlihat dari hasil survei TII sejak tahun 2005. (nwo)

http://www.kompas.com/kompascetak/read.php?cnt

=.xml.2008.03.13.00272183&channel=2&mn=159&idx=159


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: