Oleh: Agus Sudibyo | Juli 7, 2008

KPU Batalkan Aturan Ancam Pers

Media Indonesia, Kamis, 26 Juni 2008 02:38 WIB

JAKARTA (MI): Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin tidak akan memuat pasal ancaman terhadap pers dalam aturan tentang kampanye. Sanksi akan diserahkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers.

Anggota KPU Endang Sulastri menegaskan hal itu di Kantor KPU, Jakarta, kemarin.
Dia mengakui, pasal-pasal ancaman terhadap pers sempat masuk di draf KPU tentang kampanye. Saat penyusunan draf, anggota KPU belum memahami persoalan kampanye. “Setelah pembahasan, pasal-pasal itu sudah berubah. Tidak akan ada pasal-pasal yang mengancam pers,” kata dia.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPI Sasa Djuarsa Sendjaja dan Koordinator Koalisi untuk Kebebasan Memperoleh Informasi Agus Sudibyo meminta KPU tidak mengadopsi pasal-pasal ancaman terhadap pers dalam aturan tentang kampanye. Sebab, KPU tidak berwenang memberikan sanksi terhadap media massa.

“Kalau yang bermasalah lembaga penyiaran, yang menangani KPI. Dan masalah media massa cetak ditangani Dewan Pers,” kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sasa Djuarsa Sendjaja.

KPU, imbuhnya, menyadari kekeliruan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu yang memuat sejumlah sanksi terhadap media massa yang dinilai melanggar aturan kampanye.

“Kesalahan itu tidak perlu sampai menunda pemilu. Masalah itu dapat diatasi dengan peraturan KPU yang memberikan segala masalah pers ini ke KPI dan Dewan Pers,” katanya.

Agus Sudibyo menambahkan, pasal ancaman terhadap pers harus dihilangkan dari aturan KPU. Menurut dia, Pasal 99 ayat (1) huruf e dan f UU Pemilu yang mencantumkan sanksi pembredelan dan pencabutan izin penyiaran tidak perlu diadopsi dalam Peraturan KPU.

Agus menambahkan, aturan tentang media massa sudah diatur dalam UU No 32/2002 tentang Penyiaran dan UU No 40/1999/UU Pokok Pers. “Sanksi terhadap lembaga penyiaran dan media massa cetak itu mengacu pada dua undang-undang itu saja,” katanya. (KN/P-4)

http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=MTE5Mzg=?reloaded=true

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: