Oleh: Agus Sudibyo | Desember 8, 2008

“Kick Andy” Program TV Paling Berkualitas

Kamis, 4 Desember 2008

JAKARTA, KOMPAS – Acara Kick Andy di Metro TV dinyatakan sebagai program televisi paling berkualitas, hasil riset rating publik II (Oktober 2008) yang dilakukan Yayasan SET (Sain, Estetika, dan Teknologi), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Yayasan Tifa, dan Jaringan Masyarakat Pemerhati Televisi. Penelitian ini menunjukkan ada perbedaan antara program yang dinilai berkualitas dengan program ber-rating/share tinggi yang dikeluarkan AGB-Nielsen Media Research.

Riset periode kedua ini melibatkan 220 kalangan terdidik di 11 kota sebagai responden/panelis. ”Dengan metode Peer Review Assessment, riset ini menjaring penilaian mereka secara umum terhadap kualitas program-program televisi, dan secara khusus terhadap program-program televisi pada periode tertentu yang ber-rating atau share tinggi,” kata Koordinator Pelaksana Yayasan SET Agus Sudibyo, Rabu (3/12), di Jakarta.

Dikatakan, riset bertujuan untuk ”memperkaya” penelitian mengenai televisi di Indonesia, terutama pemirsa televisi yang selama ini didominasi oleh jumlah penonton acara televisi (rating).

Hasil penelitian Oktober 2008, Kick Andy (Metro TV) sebagai program paling berkualitas berhasil meraih 35,4 persen. Pada penelitian Maret 2008, Kick Andy sebagai program paling berkualitas meraih 47,1 persen.

Jika pada Maret 2008 Liputan 6 Petang (SCTV) nomor dua berkualitas dengan 11,0 persen, maka pada Oktober 2008 Liputan 6 Petang kualitasnya berada di peringkat IV dengan 3,3 persen. Setelah Kick Andy, responden memilih Si Bolang (Trans 7) sebagai program berkualitas dengan 3,8 persen. Disusul Apa Kabar Indonesia Malam (TvOne), Liputan 6 Petang (SCTV), Metro Hari Ini (Metro TV), dan Para Pencari Tuhan (SCTV). (NAL)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/12/04/00565050/kick.andy.program.tv.paling.berkualitas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: