Oleh: Agus Sudibyo | April 7, 2009

Kick Andy Program Televisi Terbaik Pilihan Yayasan SET

Jumat, 03 April 2009 01:07 WIB

Reporter : Ahmad Sofiullah

JAKARTA—MI: Tayangan Kick Andy di Metro TV kembali menyabet penghargaan Program Televisi Terbaik untuk kali yang ketiga berdasarkan hasil riset yang dilakukan yayasan Sains Estetika dan Teknologi (SET) bekerjasama dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan yayasan TIFA.

Penghargaan diserahkan langsung Deputi Direktur yayasan Sains Estetika dan Teknologi (SET) Agus Sudibyo kepada host Kick Andy Andy F Noya di sela-sela acara seminar bertajuk Rating Publik III : Menuju televisi ramah keluarga di Jakarta, Kamis (2/4). Sebelumnya, Kick Andy juga telah menerima penghargaan serupa pada Maret 2008 dan Oktober 2008.

Dalam sambutannya, Andy F Noya mengatakan tayangan televisi sebetulnya tidak melulu harus menjual mimpi-mimpi kepada masyarakat. ”Sekarang televisi tidak sekadar menjadi alat hiburan tetapi juga harus memberikan model perilaku yang baik,” ujarnya.

Andy menambahkan meskipun rating Kick Andy saat ini turun ternyata masyarakat masih mempercayainya sebagai program yang berkualitas.

Hasil riset terbaru yayasan SET itu juga mengungkap fakta bahwa tayangan talkshow yang belum lama ini merayakan hari jadinya yang ketiga itu merupakan program televisi yang paling meningkatkan empatis sosial dan bisa memberikan model perilaku yang baik kepada masyarakat.

Menurut Agus Sudibyo, penelitian tersebut bertujuan memberikan perangkat kepada publik untuk menilai program-program televisi secara kritis. Selama ini publik tidak pernah diberi kesempatan menyatakan pendapat mengenai kualitas tayangan televisi yang mereka tonton. ”Jumlah penonton dan rating selama ini masih menjadi acuan dalam menentukan apakah tayangan televisi berkualitas atau tidak,” ujarnya.

Agus melaksanakan survey terhadap 220 responden yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia. Kota-kota itu antara lain Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Batam, Pontianak, dan Palembang.

Dalam penelitian tersebut, peserta survey juga menyatakan acara-acara berbasis hiburan seperti tayangan sinetron, film, komedi dan musik memiliki termasuk tayangan dengan kualitas rendah.

Padahal mneurut hasil penelitian AGB-Nielsen pada 11-17 Januari lalu, tayangan sinetron mendapatkan rating yang tinggi dan jumlah pemirsa terbanyak dibandingkan tayangan lain.

Menanggapi hal tersebut, pada kesempatan yang sama, Associate Director Marketing AGB-Nielsen Media Research Hellen Katherina menjelaskan apa yang diteliti oleh AGB-Nielsen itu hanya dari segi kuantitas penonton dan rating tanpa menanyakan kualitas tontonan kepada pemirsa seperti yang dilakukan Yayasan SET.

”Penelitian SET dan rekan-rekan ini bisa melengkapi hasil penelitian kami dari segi kualitas tayangan,” ujar Hellen.

Pengamat pertelevisian sekaligus ketua LSM Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) Bobby Guntarto menilai hasil riset yang dilakukan Agus dkk semakin menunjukkan bahwa apa yang disukai masyarakat belum tentu mewakili apa yang mereka butuhkan. Ia berpendapat pemirsa berhak memperoleh tayangan televisi berkualitas, termasuk kick Andy. (*/OL-03)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/04/04/67778/92/14/Kick_Andy_Program_Televisi_Terbaik_Pilihan_Yayasan_SET


Responses

  1. saya setuju dengan hasil risetnya Pak,menurut saya tidak layak tayang, mengumbar kekerasan, makian,dengan mudahnya bilang kata “sial” atau “br*ngs*k!. juga ini jadi mencitrkana Islam yang buruk karena judul saja muslimah, ada adegan setting di arab pula dan menggunakan bahsa Arab, tapi kok isinya sesama orang Islam yang berantem terus, dan maik tidak masuk akal denagn adanya tokoh anak kecil bermata tiga dan memiliki kekuatan gaib( emang ada ya? sungguh imajinasi yang FANTASTIS!!)
    Pak jangan takut diwawancarai saya lagi ya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: